R M2 Manna.Kalau stater atau lampu sen da kurang baik biasanya banyak orang langsung menyalakan aki sudah rusak, tapi sebenarnya banyak masalah yang terjadi bukan karena aki rusak aja bisa juga karena kebocoran arus, kiprok atau regolator yang bermasala atau sepul yang terbakar. kali ini tips perawatan motor akan membahas masalah Cara cek aki yang benar.
- RABA PERMUKAAN DEPAN
Biasanya aki yang sudah mulai rusak, akan menggembung.
Cara mengeceknya hanya diraba langsung menggunakan tangan. Permukaan atau
casing aki akan terasa menonjol. Jika sudah parah, dengan melihat saja sudah
ketara.
Biasanya disebabkan karena panas yang disebabkan oleh elektrolit yang ada di
dalam aki. Part ini berbentuk cairan sehingga bila panas pasti akan berubah
menjadi uap bertekanan sehingga menekan dinding aki
Ibaratnya seperti di baterai handphone. Jika kondisinya sudah mulai
menggembung, pasti daya tahan setelah pengecasan akan cepat habis. Begitu pula
pada aki motor.
Lakukan pengecekan ini setelah charge aki selesai, ukur berapa volt
yang didapat. Voltase standar aki motor adalah 12,4 volt. Jika sudah,
pasangkan aki ke motor. Putar kunci kontak ke posisi ON sekitar 2 detik setelah
itu matikan.
·
- PAKAI VOLT METER
Cara yang paling akurat adalah menggunakan tester volt
meter. Dengan menggunakan volt meter, kita bisa meninjau, voltase yang ada pada
aki.
Cabut kembali aki dan cek menggunakan volt meter. Bila
tegangan yang terjadi kurang dari 12,4 volt, maka aki sudah mulai drop ( Aki
drop ) dan harus segera diganti.
- KORSLETING
Cara korsleting ini memang sering dilakukan untuk
melakukan tes tegangan aki. Caranya, menghubungkan langsung kutub positif
dan negatif diadukan agar terlihat percikan api. Dengan begitu besar atau
kecilnya percikan api yang terjadi, bisa menentukan tegangan yang terjadi.
Tapi ini TIDAK pernah diajurkan oleh semua
pabrikan. Memang dari percikan api konsleting kita biasanya bisa menerka
tegangan yang terjadi. Tapi Jangan melakukan cara seperti ini, karena bisa
merusak cell di aki.
Lebih aman dengan menggunakan bohlam Lampu yang sesuai
dengan voltase aki. Jika lampu redup makaaki lemah.
- BACA SPIDOMETER
Bila aki sudah mulai melemah, kita bisa langsung
membacanya pada spidometer. Caranya kunci kontak di-ON-kan. Lalu nyalakan sein
kiri atau kanan dan pencet klakson agar bunyi. Bila spidometer ikut berkedip
lemah,dan atau bunyi klakson tidak rata, itu menandakan tegangan aki sudah
tidak stabil lagi.