Senin, 16 Juni 2014

Cara Cek aki yang benar

R M2 Manna.Kalau stater atau lampu sen da kurang baik biasanya banyak orang langsung menyalakan aki sudah rusak, tapi sebenarnya banyak masalah yang terjadi bukan karena aki rusak aja bisa juga karena kebocoran arus, kiprok atau regolator yang bermasala atau sepul yang terbakar. kali ini tips perawatan motor akan membahas masalah Cara cek aki yang benar.

  •      RABA PERMUKAAN DEPAN

Biasanya aki yang sudah mulai rusak, akan menggembung. Cara mengeceknya hanya diraba langsung menggunakan tangan. Permukaan atau casing aki akan terasa menonjol. Jika sudah parah, dengan melihat saja sudah ketara.

Biasanya disebabkan karena panas yang disebabkan oleh elektrolit yang ada di dalam aki. Part ini berbentuk cairan sehingga bila panas pasti akan berubah menjadi uap bertekanan sehingga menekan dinding aki
Ibaratnya seperti di baterai handphone. Jika kondisinya sudah mulai menggembung, pasti daya tahan setelah pengecasan akan cepat habis. Begitu pula pada aki motor.
Lakukan pengecekan ini setelah charge aki selesai, ukur berapa volt yang didapat. Voltase standar aki motor adalah 12,4 volt. Jika sudah, pasangkan aki ke motor. Putar kunci kontak ke posisi ON sekitar 2 detik setelah itu matikan.


·       
  • PAKAI VOLT METER

Cara yang paling akurat adalah menggunakan tester volt meter. Dengan menggunakan volt meter, kita bisa meninjau, voltase yang ada pada aki.
Cabut kembali aki dan cek menggunakan volt meter. Bila tegangan yang terjadi kurang dari 12,4 volt, maka aki sudah mulai drop ( Aki drop ) dan harus segera diganti.
  • KORSLETING

Cara korsleting ini memang sering dilakukan untuk melakukan tes tegangan aki. Caranya, menghubungkan langsung kutub positif dan negatif diadukan agar terlihat percikan api. Dengan begitu besar atau kecilnya percikan api yang terjadi, bisa menentukan tegangan yang terjadi.
Tapi ini TIDAK pernah diajurkan oleh semua pabrikan. Memang dari percikan api konsleting kita biasanya bisa menerka tegangan yang terjadi. Tapi Jangan melakukan cara seperti ini, karena bisa merusak cell di aki.
Lebih aman dengan menggunakan bohlam Lampu yang sesuai dengan voltase aki. Jika lampu redup makaaki lemah.
  • BACA SPIDOMETER


Bila aki sudah mulai melemah, kita bisa langsung membacanya pada spidometer. Caranya kunci kontak di-ON-kan. Lalu nyalakan sein kiri atau kanan dan pencet klakson agar bunyi. Bila spidometer ikut berkedip lemah,dan atau bunyi klakson tidak rata, itu menandakan tegangan aki sudah tidak stabil lagi.
Print Friendly and PDF

Creatif By : UnknownSemoga Bermanfaat Untuk Sobat Semua

Penulis Unknown .Pada hari:Senin, 16 Juni 2014.
Terimah Kasih telah membaca artikelCara Cek aki yang benar.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di facebook dan follow kami di twitter. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini. salam RM2 Manna

Comments
0 Comments
Terima kasih Komentar di RM2 manna

0 komentar:

Posting Komentar