RM2 manna, lagi mau jalan malam tidak taunya lampu depan redup. jadi kita was was dalam membawak motor di malam hari. ada beberapa masalah dalam lampu
- Sepul yang sudah jebol atau gosong
- Kiprok/ regulator yang rusak.
Untuk mengetahui itu semua kita harus tau apa aja
yang harus di lakukan. di sini saya akan menjelaskan masalah regulator yang
rusak atau jebol. kalau regulator jebol berpengaru ke aki, lampu depan
Cara Mengetahui Kerusakan Regulator Motor |
Dengan seringnya pemakaian , tentu terjadi
penurunan fungsi kiprok , yg menyebabkan aliran suplai
pengisian aki juga turun, shg lampu motor meredup walau putaran mesin tinggi. Kiprok
juga makin cepat soak bila gas digeber penuh shg terjadi tegangan tinggi pd aki ( 19 volt atau lebih) atau tegangan yg
berubah-ubah cepat (digleyer).
Untuk memastikan kondisi kiprok masih normal atau
tidak, kita bisa mengukurnya dg avometer.
Adapun yang diukur dengan alat ini adalah tahanan pada komponen di dalam
kiprok. Idealnya tahanan kiprok berkisar antara 0,24 sampai 0,36 ohm atau bisa
sampai 0,40 ohm. Tapi, kalau di bawah angka tersebut artinya kiprok sudah soak.
Cara lain untuk mengetahui kerusakan pada kiprok
, dengan perangkat pengukur Multi tester ke aki motor saat mesin motor
hidup, kemudian anda gas motor, bila tegangannya terbaca di multitester lebih
dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki akibatnya aki cepat soak , cdi, kelistrikan
bisa rusak, yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor
nyala di RPM tertinggipun .