RM2 Manna, tips kali ini saya akan memberikan permasalahan warna pada busi motor. dari busi kita tau apa pembakaran kita sempurna, kalau tidak pas gimana mau enak motor yang di gunakan.
- Normal:
abu-abu warna cokelat keemasan cahaya. Kondisi ini sangat ideal, busi dan
mesin campuran udara / bahan bakar yang beroperasi dengan benar.
- Hitam Soot
Buildup:Air / campuran bahan bakar terlalu kaya, pengaturan karburator tidak
benar, rentang busi panas terlalu dingin untuk kondisi operasi. Masalah
sistem pengapian menyebabkan percikan lemah atau intermiten.
- Basah
Fouling: Shiny, Wet, Black Penampilan: Penggunaan yang berlebihan dari
choke (gas mengotori). Operasi rpm rendah berkepanjangan (gas atau minyak
mengotori). Tanda rusak minyak silinder yang lewat.
- Deposit Kelebihan: Bergelombang, Build Up Chalky. Kualitas
bahan bakar yang buruk. Kebocoran minyak ke ruang bakar. Minyak yang
tidak tepat digunakan untuk premix / disuntikkan.
Terlalu panas: Putih, melepuh, Melted Elektroda. Campuran udara / bahan bakar ramping. Busi rentang panas terlalu panas untuk kondisi operasi mesin. Plug tidak gapped benar dan / atau torqued ke kepala. Timing Terlalu canggih
- Kerusakan: komponen yang hilang atau rusak dari
busi. Disebabkan oleh thermal ekspansi / kontraksi isolator, biasanya
karena syok termal (peningkatan mendadak atau penurunan suhu).Penurunan suhu
yang mendadak dapat paling sering dilakukan bertepatan dengan memasuki kolam
besar air saat mesin panas, atau jaket air yang rusak untuk mesin
liquid-cooled.
- Detonasi: silver atau hitam spesifikasi, meleleh atau kerusakan pada ujung tembak. Disebabkan oleh waktu yang tidak tepat. Campuran udara / bahan bakar ramping dapat memperburuk kondisi ini.
