Karbu jenis KW milik Ninja KKR 150 dan NSR-SP 150 yang
sama-sama memiliki spek 28 mm diameter silinder skepnya memang lagi laris
manis. Sangat membantu kalangan penunggang sport dan bebek, saat mengalami
karbu soak, lantaran harga nya yang relatif terjangkau kisaran Rp. 250 ribu.Agar hasil nya bagus karbu bisa di lakukan sebagai berikut:
![]() |
Memaksimalkan Karbu Kwalitas 2 |
SILINDER SKEP
Bagian ini yang mutlak diperhatikan, sebab silinder skep karbu jenis kw masih
tersisa kotoran bekas cetakan atau berupa nat menggaris vertikal. Kalau tak
cepat dipoles, bisa membuat baret skep. Caranya cukup memoles silinder skep dan
skep dengan cairan pengkilap bodi motor atau pasta autusol. Jadi di sini
sifatnya cuman memoles.
SETELAN GAS
Biasa disetel untuk menghendaki tinggi rendah rpm mesin, sesuai dengan
kebutuhan. Mekanis baut setelan gas ini simpel, ujung baut yang menekan sampai
mengangkat skep untuk mempertinggi rpm mesin dan sebaliknya. Permasalahannya
baut setelan gas karbu jenis kw, ujungnya terlalu tumpul. Sehingga saat
dipuntir, kurva perubahan tingginya rpm terlalu drastis. Sehingga terkesan
macam kabel gas nyantol. Untuk membenahinya, silahkan kikir sekeliling ujung
baut setelan gas lebih landai. Agar saat dipuntir, kurva peningkatan rpm
naiknya lebih lembut macam karbu orsi bawaan motor.
JARUM SKEP
Jenis karbu kw sebenarnya diperuntukkan buat motor 2 tak, tapi prakteknya jenis
karbu ini malah disuka di motor 4 tak baik bebek maupun sport. Problemnya,
desain jarum skep karbu jenis ini terlalu kurus, sehingga campuran terlalu
pekat dan berat saat dipakai akselerasi. Selain itu, putaran mesin tak mau
stasioner kalaupun nyala stasioner, mintanya selalu berada di atas 2000 rpm.
Jadi kesannya mirip stasioner ketinggian. Untuk menyiasatinya, cukup ganti jarum skep milik
GL-Pro. Tak perlu versi orsinya, cukup pasang jarum skep milik GL-Pro jenis kw
demikian artikel singkat tentang Memaksimalkan Karbu
Kwalitas 2 semoga bermanfaat. salam RM2 manna
