Rabu, 21 Mei 2014

Cara menghitung kecepatan sepeda motor pada gigi tertentu

Manna, banyak cara untuk mentukan kecepatan dalam motor. Kali ini rasyd modifikasi motor manna menjelaskan dikit ilmu yang perna di dapat saat di dealer motor Suzuki <training dasar 2>.
rumusnya sebagai beriku:

kita tentukan gigi motor mana yang perlu kita ambil mau contoh sebagai berikut
Cara menghitung kecepatan sepeda motor pada gigi tertentu
yang kita perlu cari adalah rasio resduksi awal biasanya di blog kopling, gigi rasio,rasio resduksi akhir biasanya di ban belakang..deameter pelek
Diatas biasanya mekanik sering merobah gigi rasio atau di tulisan rasio gigi terdapat gigi 1,2,3,4,5,6.
terdapat juga
untuk lebih jelas liat gambar ini

Cara menghitung kecepatan sepeda motor pada gigi tertentu



Z2/Z1 Primary Reduction – Gigi pada crankshaft dengan gigi pada rumah kopling. Z4/Z3 Transmission Gear – Pilih perbandingan posisi gigi tertinggi untuk menghitung top speed. Z6/Z5 Secondary Reduction – Jumlah mata/gigi Sprocket belakang dibagi sprocket depan. - Rumus Total Reduksi Rasio  = Z2/Z1 x Z4/Z3 x Z6/Z5


jika rasio primer/sekunder tiger adalah 68/22 = 3.09
reduksi gigi rasio di gigi 5 28/31 = 0.903
final gear pake 44/15 = 2.933
karna memakai ring 18 dengan profil ban 110/80 didapat keliling ban = 1,7meter
maka pada rpm 8000 honda tiger memiliki kecepatan 8000/3.09*0.903*2.933 = 977.53 putaran roda/menit atau 16.29 putaran roda/detik
jika keliling roda adalah 1.7 meter maka didapat 1.7*16.29 = 27.69 meter/detik = 99.7 km/jam
so…jika tiger digeber pada 8000rpm dengan pake ring 18 ban profil 110/80 pada gigi 5 akan didapat speed hampir 100kpj

demikan artikel tentang Cara menghitung kecepatan sepeda motor pada gigi tertentu mudahan bermanfaat
untuk balas dikit tulisan jelek di atas tolong like di bawah ini....
kalau ada yang salah saya minta maaf 
Print Friendly and PDF

Creatif By : UnknownSemoga Bermanfaat Untuk Sobat Semua

Penulis Unknown .Pada hari:Rabu, 21 Mei 2014.
Terimah Kasih telah membaca artikelCara menghitung kecepatan sepeda motor pada gigi tertentu.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di facebook dan follow kami di twitter. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini. salam RM2 Manna

Comments
0 Comments
Terima kasih Komentar di RM2 manna

0 komentar:

Posting Komentar