Buat pengguna skubek yang
usia pakainya lebih dari satu tahun, pasti ada yang bermasalah dengan
CVT bergetar. Gejala ini umumnya muncul saat mesin baru dihidupkan, atau
saat motor diajak berjalan dengan pelan.

Penyebab munculnya masalah ini di CVT juga
beragam. Bisa dari permukaan roller yang tidak rata, V-belt yang mulai
retak dan getas, atau bisa juga dari per sentrifugal yang lemah.
Permukaan roller yang aus, bikin gerakan
pulley depan tak lancar. Makanya, muncul getaran karena pergerakan
pulley sedikit tersendat. Biar biaya membetulkan lebih murah, bisa kok
ganti roller yang sudah peyang saja,
Per sentrifugal yang mulai loyo, juga jadi
penyebab munculnya getaran di CVT. Karena sudah mulai loyo, saat
putaran mesin rendah, per tidak bisa mengikat dengan kuat kampas kopling
ganda. Padahal, di rpm rendah, kampas kopling belum mengembang.
Sehingga muncul getaran di area CVT. Getarannya, cukup mengganggu.
Solusinya, bisa mengganti per kampas
kopling ganda dengan yang lebih keras. Ini agar kampas kopling ganda
tetap mengikat kencang saat gasingan mesin dalam rpm rendah.
Bisa juga menggunakan per kampas kopling
ganda variasi yang banyak tersedia di pasaran. Gunakan per yang memiliki
nilai kekerasan 1.500 atau 2.000 rpm. Tergantung kebutuhanmakasih telah membaca tips ini
silakan tinggalkan like di bawah atas terimakasih dari anda
