Buat yang mau bongkar motor honda baet terutama cara mengecek atau menyetel klep ini caranya:
Periksa dan setel jarak renggang klep sementara
mesin dalam keadaan dingin (di bawah 35° C).
Putar crankshaft (poros engkol) searah jarum
jam dengan memutar cooling fan dengan pelan dan mentepatkan
"tanda T" pada flywheel dengan index notch (takik penunjuk) pada
right crankcase (bak mesin kanan).
Pastikan bahwa piston berada pada TDC (Top
Dead Center) [TMA (Titik Mati Atas)] pada langkah kompressi.
Posisi ini dapat dipastikan dengan memeriksa
bahwa ada kerenggangan pada rocker arm.
Jika tidak ada kerenggangan, berarti bahwa
piston sedang bergerak melalui langkah
pembuangan ke TDC.
Putar crankshaft satu putaran penuh dengan memutar
cooling fan dengan pelan dan mentepatkan "tanda
T"
sekali lagi.
Periksa jarak renggang klep dengan memasukkan
feelergauge (lidah pengukur) antara valve adjusting screw(sekrup penyetelan
klep) dan valve stem (tangkai klep).
JARAK RENGGANG KLEP:
IN: 0,14 ± 0,02 mm
EX: 0,14 ± 0,02 mm
Jika jarak renggang klep tidak sesuai, longgarkan
valveadjusting screw lock nut dan setel jarak renggang klep dengan memutar
adjusting screw sampai ada tahanan sedikit pada feeler gauge.
Semprotkan oli mesin pada ulir